Kamis, 05 Juli 2012

TERMINAL PT. MUSTIKA ALAM LESTARI (MAL) PENYEBAB “ EKONOMI BIAYA TINGGI “ Lajutan . ...

Semua aset Negara bila dikelola oleh anak bangsa dengan standar tertentu, dan hukum yang jelas, pasti akan mencapai hasil yang optimal dan efisien. Masih banyak anak bangsa ini yang punya integritas yang tinggi dan cerdas. Kita bangsa Indonesia terlanjur membuat stigma, bila perusahaan negara dikelola oleh bangsa sendiri pasti akan mengalami inefisien dan sarang penyelewengan. Stigma itu sengaja dibangun oleh orang asing dengan membentuk opini melalui siaran pers atau isyu. Negara Indonesia dikepung oleh para petualang asing yang haus akan kekayaan alamnya seperti Srigala melihat bangkai yang masih segar. Kita jangan terlena dalam pembohongan publik yang sebenarnya adalah praktik pembodohan, sergah mereka. Untuk PT. Mustika Alam Lestari (MAL), pemerintah pusat harus cepat bertindak mengambil alih asset negara itu, jangan dibiarkan tetap dikuasai oleh bangsa asing. Terminal tersebut sepatutnya dikelola oleh Terminal III (tiga), agar tata ruang dapat diatur laiknya sebuah terminal. Mulai dari Kade Meter 300 (tiga ratus) sampai kade meter 307 (tiga ratus tujuh) berbentuk huruf L, dapat didesain sebaik mungkin sehingg kemaceta dan kenyamanan para pemakai jasa pelabuhan dapat dihindarkan, kata mereka. Menurut pejabat Pelindo II Cabang Tanjung Priok yang namanya tidak mau disebut, awalnya pengelolaan Terminal MAL merupakan kesalahan management terdahulu. Berawal dari “ PT. SEGORO “ yang menunggak hutang pada Pelindo II. Jadi ketika PT. Segoro dinyatakan pailit dan tidak mampu bayar hutang, datanglah investor asing menawarkan diri sanggup membayar hutang PT. Segoro pada Pelindo II. Padahal PT. Segoro merugi bukan karena usaha, melainkan karena salah urus alias management yang merampok hasil usaha perusahaan. Ia menambahkan, awalnya saja Terminal Container yang namanya Terminal MAL itu, tidak laik menjadi satu terminal karena menggantung pada Kolam Pelabuhan II dan Kolam Pelabuhan III, tapi karena dipaksakan ya begitu hasilnya, ibuhnya. Dari beberapa pendapat dan himbauan para praktisi pelabuhan, penulis dapat menarik kesimpulan, bahwa sesungguhnya keberadaan Terminal PT. MAL tidak memberi kemanfaatan bagi Terminal Tiga (3) Cabang Pelabuhan Tanjung Priok khususnya bagi pemakai jasa pelabuhan. Bila Terminal PT. MAL diusahakan oleh Terminal Tiga (3) Cabang Tanjung Priok, tata ruang dapat didisain laiknya sebuah Terminal sepanjang kade Tiga Ratus (300) sampai ke kade Tiga Ratus Tuju (307) membentuk huruf L terbalik dengan dukungan Lapangan (yard) yang cukup luas. Dengan dermaga yang cukup dan dukungan lapangan yang memadai, dapat dibuat disain terminal yang patut dan tidak penyebab kemacetan pada gilirannya merugikan pengguna jasa pelabuhan. Kami menyarankan pada Pemerintah pusat khususnya Menteri BUMN dan Ketua KPK agar kontark kerja antara Pelindo II dengan PT. Mustika Alam Lestari kiranya dibatalkan karena tata letak dan tata ruang terminal tidak sesuai dengan laiknya sebuah Terminal Khusus Container. BELGUTHAI.

1 komentar:

  1. kepada yth
    PERUSAHAAN BUMN & SWASTA NASIONAL.
    Dengan hormat,
    Terlebih dahulu perkenankan Kami dari PT. SEMIDANG JAYA BERSAMA ( Bank Guarantee & Surety Bond ), dimana kami telah di back up oleh beberapa perusahaan Asuransi kerugian Swasta nasional maupun Asuransi BUMN serta perusahaan kami telah ditunjuk untuk memasarkan Bank Garansi yang diterbitkan oleh Bank diantaranya: BANK MANDIRI, BNI, BRI, DKI, BCA, SUMUT, JA-TIM ,serta Bank swasta Nasional yang lainnya, dan Bank Garansi yang kami terbitkan telah diterima di instansi pemerintah, BUMN, BUMD, BUMS, KPS, PERTAMINA, (VICO, CNOOC, CHEVRON, MABES TNI-POLRI, TOTAL E & P INDONESIE)dll. Dimana dalam penerbitannya kami memberikan kemudahan yaitu tanpa Agunan (Non Collateral) untuk semua jenis jaminan Bank Garansi Dan Surety Bond.
    Besar harapan saya, kiranya perusahaan kami diberi kesempatan dan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan yang Bpk/Ibu kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko (Wanprestasi) dalam kegiatan perusahaan, baik itu proyek yang sedang/akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan kami memberikan procedure yang relative mudah yaitu : proses cepat,murah dan polis diantar.
    Jasa General Insurance Bank Garansi Dan Asuransi Yang Kami Tawarkan Diantaranya :
    - JAMINAN PENAWARAN (Bid Bond)
    - JAMINAN PELAKSANAAN (Performance Bond)
    - JAMINAN UANG MUKA (Advance Payment Bond)
    - JAMINAN PEMELIHARAAN (Maintenance Bond) dan
    - JAMINAN PMBAYARAN AKHIR TAHUN /SP2D ( surat perintah pencairan dana )
    1.Contractor all risk (CAR)
    2.Conprenshive general liability ( CGL)
    3.Workman compensation liability (WCL)
    4.Automobile liability (AL)
    5.Custom bond
    6.Property all risk (PAR)
    7.Erection all risk ( EAR)
    8.Marine hull insurance (MH)
    9.Cargo
    Demikianlah penawaran dari kami, semoga ini merupaka awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang. Atas perhatian dan kerjasamaya kami ucapakan terima kasih..
    Thanks Regard
    Edwin Albasrin
    PT. SEMIDANG JAYA BERSAMA
    kom,bulog blok D NO12 jl.Bangunan Barat,Kampung Ambon, jakarta timur.
    Tlp : +6221 2984 7648
    Fax : +6221 2984 7649
    Mobile –0812 9634 8134
    email : edwinalbasrin.mjl93@gmail.com

    BalasHapus